Ketua KPU RI Bantah Video Hitung Suara di Luar Negeri: Kami Pastikan Tidak Benar!

Ketua KPU RI Bantah Video Hitung Suara di Luar Negeri: Kami Pastikan Tidak Benar!


Suara.com – Ketua Komisi Pemilu Umum (KPU) Hasyim Asy’ari mekastikan kabar penghitungan suara di luar negeri ialah amanat bohong. Pasalnya, perhitungan surat suara Pemilu 2024 di luar negeri Dijalankan bersamaan beserta perhitungan di Indonesia.

“Bila sudah eksis publikasi hasil penghitungan suara luar negeri sebelum 14 Februaru 2024, saya niscayakan itu Tidak Valid,” kata Hasyim, saturday (10/2/2024).

Sebelumnya, beredar video viral di media sosial yang menunjukkan hasil perhitungan surat suara di luar negeri. Menurutnya, perhitungan surat suara di luar negeri Dijalankan bersamaan beserta perhitungan yang Dijalankan di Indonesia, yakni peksis 14-15 Februari 2024.

Dia menjelaskan Pengumpulan suara di luar negeri betul-betul Dijalankan lebih awal dibandingkan beserta di Indonesia. Menurutnya Pengumpulan surat suara di luar negeri Dijalankan beserta tiga metode, yakni beserta metode tempat Pengumpulan suara (tps), melalui pos, dan melalui kotak suara keliling.

Sebelumnya, eksis video viral di media sosial X atau Twitter berdurasi 27 detik yang menunjukkan aktivitas di tps dan diberi amanat tertambat hasil perolehan suara Pemilu 2024 di luar negeri.

Video itu yang diunggah peksis Rarang (7/2) tersebut, telah ditonton sebanyak 2,8 juta kali dan diunggah ulang sebanyak 342 kali. Selanjutnya video itu kemudian menuai perbincangan yang majemuk.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI peksis hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bermaksud pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 peksis hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakarangming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa gerakan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal Pengumpulan suara peksis tanggal 14 Februari 2024. (Antara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *