IMF Memperingatkan Teror Laut Merah Berkepanjangan Bisa Bikin Ekonomi Dunia Suram

IMF Memperingatkan Teror Laut Merah Berkepanjangan Dapat Bikin Ekonomi Global Suram


loading…

Serangan pemberontak Houthi terheksisp kapal-kapal di Laut Merah berakibat signifikan peksis asuransi dan tarif pengiriman, akan tetapi Seputar tidak mempengaruhi prospek pertumbuhan ekonomi global. Foto/Dok

JAKARTA – Serangan pemberontak Houthi terheksisp kapal-kapal di Laut Merah berakibat signifikan peksis asuransi dan tarif pengiriman, akan tetapi Seputar tidak mempengaruhi prospek pertumbuhan ekonomi global. Hal ini Dikirimkan oleh Direktur Pelaksana International Monetary Fund ( IMF ), Kristalina Georgieva peksis pekan ini.

“(Krisis laut merah) Ini menambah tekanan peksis harga, tetapi belum sampai peksis titik bahwa proyeksi aku untuk inflasi secara global akan dikoreksi,” kata Georgieva.

Petinggi IMF itu menambahkan, bahwa “untuk saat ini sungguh memmemilikii implikasi, tetapi bukan dari besarnya yang secara signifikan akan sungguhkas proyeksi pertumbuhan untuk ekonomi dunia,”.

Dia mencatat bahwa peksis Januari 2024, lalu lintas melalui Terusan Suez, rute perdagangan maritim berfaedah yang menghubungkan Laut Mediterania ke Laut Merah, anjlok hampir setengahnya dibandingkan Januari lalu. melainkan, menurut Georgieva, akibat dari penurunan lalu lintas ini lebih “terlokalisasi,”.

Dimana akibat paling parah dirasakan oleh Mesir, yang bergantung peksis pendapatan dari lalu lintas jalur air dan saat ini kehilangan sekitar USD100 juta per bulan. melainkan, Georgieva memperingatkan bahwa kejutan bagaikan krisis pengiriman Laut Merah membuat prospek pertumbuhan jangka panjang untuk ekonomi dunia “suram.”

IMF baru-baru ini sedikit memperbarui proyeksi ekonominya, dan sekarang memperkirakan ekonomi global akan tumbuh sebesar 3,1% di 2024. Tapi menurut Georgieva, angka ini masih “lemah menurut standar historis” jika dibandingkan bersama pertumbuhan rata-rata 3,8% peksis dasa warsa sebelum pandemi Covid-19.

“Ini merupakan sinyal bahwa kita bereksis di dunia yang lebih rawan guncangan – kejutan jenis ini … berarti kita harus bereksis bermutu posisi yang lebih bagus untuk mengheksispi guncangan berulang ini,” ungkapnya memperingatkan.

Lebih lanjut Ia merekomendasikan, bahwa otoritas fiskal di Seluruhnya dunia harus membangun penyangga untuk menahan krisis.

Di antara penyangga tersebut, diungkapkan juga olehnya bahwa strategi yang lebih bagus bersama mengerahkan pendapatan, kebiasaan belanja yang lebih bagus, dan memprioritaskan investasi bermutu produktivitas dan pertumbuhan di masa depan.

Pemberontak Houthi yang berbasis di Yaman telah melakukan puluhan gempuran pesawat tak berawak dan rudal terheksisp kapal-kapal yang melintasi Laut Merah sejak awal keterlibatang Israel-Hamas pecah peksis bulan Oktober. Akibatnya, banyak perusahaan pelayaran besar berhenti menggunakan Terusan Suez, mengalihkan kapal mereka ke sekitar Tanjung Asa di Afrika selatan.

Harga kontainer rata-rata dilaporkan meningkat lebih dari dua kali lipat secara global bermutu sebulan terakhir. Sementara biaya tanker bahan bakar untuk tujuan khusus telah melonjak ke level tertinggi bermutu empat tahun.

(akr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *