Beredar Video Surat Suara Direndam Air Di Jeddah, KPU: Enggak Sesuai Aturan Lah

Beredar Video Surat Suara Direndam Air Di Jeddah, KPU: Enggak Sesuai Aturan Lah


Suara.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari Mengimbangi beredarnya video yang menunjukkan surat suara direndam di Jeddah, Arab Saudi.

Menurut dia, aksi merendam surat suara yang terekam bermutu video tersebut tidak sesuai beserta aturan yang berlaku bermutu menindaklanjuti surat suara tak terpakai.

“Ya itu enggak sesuai aturan lah,” kata Hasyim di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Senin (12/2/2024).

Dia menyampaikan, sudah mengonfirmasi soal surat suara itu kepeksis Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Jeddah. Surat suara itu, lanjut dia, telah disepakati pengurus-pengurus partai setempat untuk dimusnahkan awal tidak terpakai.

“Begitu eksis video Sebanyak orang lalu merendam surat suara, ini kan saya klarifikasi ke teman-teman PPLN Jeddah, itu kenapa? Apa yang terjadi. Sebelum atau sesudah coblosan? Atau kehujanan, siapa tahu kan habis kehujanan dicuci terus dijemur kan,” tutur Hasyim.

“Nah, ternyata eksis pembicaraan antara PPLN Jeddah dan pengurus partai di sana, disepakati bahwa untuk menghindari itu direndam saja, dimusnahkan. Jadi itu atas kesepakatan partai-partai di sana,” tambah dia.

Lebih lanjut, Hasyim menjelaskan eksis mekanisme administrasi tersendiri untuk pemusnahan surat suara yang tidak terpakai, salah satunya beserta dicoret.

Kemudian, surat suara yang sudah dicoret itu nantinya akan dimusnahkan saat mekanisme pelantikan hasil pemilu dilaksanakan.

“Makanya saya bilang, aturannya semacam yang saya Bagikan tadi, kalau tidak Dimanfaatkan lagi kan dicoret, disimpan, nanti dihitung dan dimasukkan ke bermutu penghitungan suara bahwa eksis sekian surat yang tidak Dimanfaatkan,” ungkapnya.

“Itu harus diadministrasikan, toh. Dapat dimusnahkan itu nanti, kalau sudah selesai, Kalau pejabat terpilih di lantik. Aturannya gitu,” tandas dia.

Sekeksisr penjelasan, beredar video di media sosial X yang menampilkan banyak surat suara direndam bermutu sebuah kotak transparan melalui selang air. Hal itu diduga terjadi di Jeddah, Arab Saudi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *